h1

Berbuat baik untuk investasi abadi

September 20, 2007

Teori yang mudah diucapkan tetapi sangat susah untuk di implementasikan adalah berbuat baik dengan sesama manusia, dan keinginan untuk membahagiakan orang lain. Dunia materialistis yang mengelilingi kehidupan di dunia, sangat berpengaruh besar dalam menyikapi kehidupan di dunia. Padahal, saya sangat yakin seyakin yakinnya kehidupan tidak hanya di dunia tetapi juga diakhirat.

Tetapi pemikiran yang ada pada diri saya selalu ada keingininan bagaimana bisa mencapai kehidupan yang layak di dunia, tetapi amat sangat jarang sekali bagaimana nantinya kita bisa hidup layak di akhirat nantinya.

Logikanya, kalau saya yakin seyakin yakinnya, bahwa kehidupan di akhirat adalah kehidupan abadi, dan hanya bisa ditembus dengan investasi berbuat baik di dunia, beribadah kepada Allah, mestinya saya pun harus selalu berbuat baik… ah … tapi betapa susahnya berbuat seperti itu.

Ada rasa iri, dengki, riya, tidak sabar yang selalu mengelilingi kehidupan di dunia. Sebagai contoh kecil, betapa saya selalu berkalkulasi, apakah saya cukup hidup dengan gaji seorang dosen, dan pegawai negeri sipil. Apakah saya bisa membeli kan baju baru, rumah yang layak kalau saya bekerja di institusi pendidikan. Padahal, kalau saya pikir, kehidupan itu tidak hanya di dunia, kehidupan sebagai pengajar bisa di jadikan investasi untuk kehidupan berikutnya, kalau saya sudah mati………. Berbuat baik untuk murid ku, mengajari ilmu dengan ikhlas, melakuakan penelitian yang bermanfaat untuk sesama.

Sehingga timbul pertanyaan, apakah saya bisa sejahtera kalau saya meneruskan pekerjaan ini? Sejahtera?? aku pikir, suatu yang sangat relatif, kesejahteraan si A belum tentu sama dengan si B. Bisa makan 3x bagi orang lain mungkin sudah bisa dikatakan sejahtera…… sesuatu yang bersifat qualitative………..

Apakah dapat memberikan sesuatu kepada orang lain dikatakan sejahtera? ataukan kaya raya, memiliki rumah bertingkat yang dikatakan sejahtera? Nah, apakah tujuan hidupmu? kehidupan Abadi? atau kehidupan sementara? Dan pasti semua akan menjawab Kehidupan Abadi, kalo begitu berlomba-lombalah dalam berbuat baik dan selalu ingat” Hidup di dunia hanyalah sementara” Selalu berlatih untuk berbuat baik……. dan bersabar………, ikhlas,……… ” sebuah kata yang mudah diucapkan tetapi susah dikerjakan………….

2 comments

  1. Salam kenal
    Guk guk pertamax


  2. sama sama mas, salam kenal juga



Leave a Reply

