h1

Pendidikan dan Kesehatan yang murah, sebagai instrument untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat

July 21, 2007

Ada dua hal penting yang saya yakini akan dapat mensejahterakan rakyat secara gradual, yaitu pendidikan dan kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat kecil. Keterpihakan kesehatan murah belum dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat kalau tidak diimbangi dengan pendidikan yang murah. 

Pendidikan merupakan salah satu instrument yang diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Akan tetapi kondisi di Indonesia agak terbalik, Pendidikan yang berkualitas yang hanya terjangkau oleh kalangan tertentu. Di tingkat Pendidikan Dasar misalnya, SD, diwajibkan untuk siswa baru memakai buku baru, biaya masuk yang relatif mahal dengan kondisi perekonomian masyarakat yang pas-pasan.

Pendidikan juga diyakini sebagai salah satu instrument yang dapat mengubah karakter individu. Pendidikan dapat mengajari anak-anak, bagaimana menghargai orang, peraturan dan waktu. Pendidikan semasa kecil sedikitnya akan dapat mengubah karakter seseorang menjelang dewasa.

Bisa kita bayangkan misalnya, Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang patuh terhadap hukum, menghargai waktu,  baik aparat maupaun masyarakat. Kenyamanan hidup akan tercipta, rakyat akan menjadi respect terhadap pemerintah, tidak seperti kondisi sekarang misalnya yang terjadi adalah krisis kepercayaan. Bagaimana hal ini harus dimulai? Ada kebijakan pendidikan yang murah, yang terjangkau oleh rakyat kecil, yang bisa mengajari anak2x sejak kecil bagaimana memiliki sifat2x yang baik.

Bagaimana rakyat bisa meningkat kesejahteraan?

Coba kita bayangkan, kalau seandainya, di tiap keluarga sederhana, memiliki anak dan salah satu anaknya memiliki pendidikan yang memadai, katakanlah tingkat SI, dan anak tersebut bekerja di salah satu perusahaan. Maka Si Anak tersebut akan dapat membantu keluarga nya menuju kesejahteraan yang meningkat. Sehingga konsep keberlangsungan kesejahteraan akan tercipta. Tetapi, sayangnya hal ini belum bisa disadari oleh sepenuhnya oleh masyarakat kita, dan oleh pemerintah kita. Pemerintah lebih banyak menfokuskan pada persoalan2x politis (masa transisi politik)

The last but not the least, Pendidikan dan kesehatan yang murah tentunya harus diimbangi dengan keseriusan pemerintah dalam menangani hal ini.

   

One comment

  1. Well said.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: